Saturday, September 15, 2012

Philosophy of Science - Class Note (September 10th, 2012)

Point 1
Metode Induktif dan Deduktif bisa digunakan untuk mencari Novelty dan membantu dalam pengerjaan penelitian mahasiswa S3. Kedua metode ini digunakan dengan cara yang "tidak biasa" baru dapat memberikan hasil yang maksimal, maksudnya jika kebiasaan seseorang mengerjakan atau melihat sesuatu dari sudut pandang Induktif, cobalah cara lain memandang situasi tersebut dengan cara deduktif, dengan cara seperti itu, terkadang akan menimbulkan cara pandang baru yang menciptakan suatu situasi yang baru pula untuk dijadikan Novelty. Kedua metode tersebut harus digunakan hanya 1 untuk 1 situasi, tidak bisa mengkombinasikan kedua metode itu secara berbarengan, yang adalah merangkai 2 metode tersebut untuk meneliti suatu kejadian atau permasalahan, agar dapat menerangkan secara lebih jelas solusi dan kontribusi dari penelitian yang dilakukan.

Point 2
Hasil terbaik dari sebuah Disertasi S3 adalah sebuah TEORI BARU, dengan teori baru maka akan ada pembaharuan dalam sebuah penyelesaian masalah

Point 3
Untuk mengerjakan penelitian dalam rangka menyelesaikan S3 adalah mempunyai kemampuan dalam menguasi keluasan dan kedalaman ilmu dibandingkan lulusan S2. Yang dimaksud dengan kedalaman adalah kemampuan seseorang untuk menjawab semua pertanyaan "MENGAPA" dari bidang yang sedang dipelajarinya, sedangkan keluasan ilmu dilihat dari jumlah pengaruh atau keluasan pengaruh dari hasil penelitian dan ilmu yang dipelajarinya.

Point 4
Falsifikasi adalah pengguguran teori lewat fakta-fakta. Gunanya untuk menemukan kebaharuan dalam sebuah ilmu pengetahuan. Konsekuensinya tidak bisa mempercayai segala sesuatunya dengan mudah.

Point 5
Permasalahan yang tajam adalah permasalahan yang sudah memiliki hipotesis. Hipotesis adalah kesimpulan sementara untuk pemecahan masalah. Hipotesis yang baik adalah hipotesis yang dapat menuntun dan mengarahkan penelitian agar tidak salah, efektif dalam aktivitasnya dan tepat arahnya. Hipotesis yang baik harus bisa disebutkan permasalahannya, disebutkan metode dan premis-premis yang mendukung, dan diharapkan dapa meningkatkan kualitas dari hasil yang ditemukan (solusi dan hasil dari hipotesis). Metode yang paling tepat dapat ditemukan jika metode tersebut dibandingkan dengan metode-metode yang lainnya


No comments:

Post a Comment